Sosialisasi dan Bimbingan SPADA dilingkungan FOK UNG

Oleh: Resa Sukardi Massa . 23 Juni 2022 . 12:38:43

Apakah itu SPADA UNG ?

SPADA UNG merupakan sebuah sarana e-Learning yang memfasilitasi penyampaian pembelajaran dalam jaringan yang dikenal dengan istilah LMS, dengan fungsi untuk menyajikan sumber belajar digital dan aktivitas belajar digital.

Mengapa perkuliahan perlu berbasis LMS ?

1. Transformasi digital pendidikan: e-Learning dan pembelajaran campuran

2. Media dan fasilitas teknologi belajar yang digunakan mahasiswa

3. Pandemi Covid-19

4. Bentuk interaksi dalam pembelajaran

5. Sarana yang efektif untuk evaluasi ketercapaian CPL, CPMK, dan Sub-CPMK6. Akreditasi prodi

Rabu, 22 Juni 2022, Wakil Dekan I Bapak Dr. Hartono Hadjarati, M.Pd. membuka langsung sosialisasi dan pelatihan SPADA dilingkungan Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Bapak Dr. Hartono menaruh harapan yang sangat besar, agar seluruh dosen bisa menggunakan aplikasi SPADA sehingga salah satu terobosan (breakthrough) lembaga dalam meningkatkan tenaga trampil, memiliki sumber daya pendidikan yang memadai dan berkualitas.

Pembelajaran daring merupakan teknologi pembelajaran yang berbasiskan internet, sehingga proses belajar mengajar dapat dilakukan secara online. Dengan demikian mahasiswa dapat mengakses pembelajaran di manapun mereka berada dan kapanpun dia mau belajar. Pembelajaran daring dapat memuat bahan ajar baik yang berupa file dokumen, audio maupun video. Disamping itu Pembelajaran daring dapat juga digunakan untuk meningkatkan interaksi dosen dan mahasiswa karena adanya fasilitas chatting, diskusi,forum dll. Pada sisi lain dosen dapat pula membuat kuis atau ulangan yang telah ditentukan. Pembelajaran daring adalah cara baru dalarn proses belajar mengajar diberbagai lembaga Pendidikan untuk mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan tenaga.

Tersedianya sistem pembelajaran daring berbasis SPADA UNG perlu ditindak lanjuti oleh semua dosen dan mahasiswa UNG. Hal ini seperti yang dilakukan oleh Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo telah menggelar kegiatan sosialisasi dan bimbingan

Agenda

28 September 2020

KULIAH UMUM

Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo Akan menyelenggarakan Kuliah Umum dengan mengundang dua pemateri, pemateri pertama yaitu Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes, AIFO yang memberikan materi dengan bertemakan "menumbuhkan Jiwa entrepreneurship bagi Mahasiswa" dan Pemateri kedua Prof. Dr. Hariadi said, M.S yang membawakan materi "Kiat Sukses Menjadi Mahasiswa".

17 - 27 Agustus 2020

Pendaftaran Mahasiswa Baru

Selamat Datang di Pendaftaran Online UNG
Informasi Awal ini menyajikan ketentuan umum seleksi lokal, termasuk kelompok Program Studi baik Kelompok IPA maupun IPS Univesitas Negeri Gorontalo. Informasi awal ini diterbitkan untuk dipergunakan dan dicermati secara seksama oleh calon peserta yang akan mengikuti seleksi Lokal - Mandiri, sehingga calon peserta dapat mempersiapkan diri dalam memilih Program Studi yang dikehendaki dan dapat menjadi panduan awal untuk mengikuti proses seleksi dengan baik.

6 - 8 Agustus 2020

Workshop Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar - Kampus Merdeka

Kurikulum Merdeka Belajar adalah program belajar yang mengarah pada tujuan yang ingin dicapai dari proses belajar di Kampus dan berkaitan dengan hal-hal esensial sehingga menumbuhkan kemerdekaan belajar.

23 - 24 Juni 2020

Kuliah Pakar Online

Civitas Akademika, dalam waktu dekat ini Prodi PKO akan mengadakan Kuliah Umum Online dengan Topik “Latihan dimasa Pendemi Covid-19”. Narasumber adalah Dr. Imam Marsudi, M.Si (Ketua APPKOI)
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Rabu, 23 Juni 2020 pukul 10.00 Wita, melalui Zoom