Fakultas Olahraga dan Kesehatan (FOK) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) baru-baru ini melaksanakan tes keterampilan bagi mahasiswa baru dalam seleksi Mandiri Computer-Based Test (CBT). Kegiatan ini diikuti oleh 78 calon mahasiswa yang bersemangat untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka dalam bidang olahraga. Tes keterampilan ini merupakan salah satu tahap seleksi yang sangat penting, karena selain mengukur kemampuan akademik melalui CBT, keterampilan praktis juga menjadi tolok ukur dalam menentukan kelayakan calon mahasiswa untuk bergabung dengan FOK UNG.
Proses seleksi keterampilan ini dilaksanakan dengan sangat ketat dan teliti. Para calon mahasiswa diberikan berbagai macam tes yang mencakup aspek fisik dan teknis dalam cabang olahraga yang berbeda-beda. Setiap calon mahasiswa diharuskan untuk mengikuti serangkaian tes yang telah dirancang untuk mengukur berbagai keterampilan dasar seperti kekuatan, kecepatan, kelincahan, dan koordinasi. Selain itu, tes ini juga mencakup evaluasi teknis yang lebih spesifik sesuai dengan cabang olahraga yang diminati oleh calon mahasiswa. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap peserta memiliki kemampuan dasar yang diperlukan dan potensi untuk berkembang lebih lanjut dalam program studi yang dipilih.
Setelah seluruh rangkaian tes keterampilan selesai, hasil seleksi akan diumumkan melalui situs resmi UNG. Bagi yang lolos seleksi, mereka akan segera memulai perjalanan akademik dan praktis mereka di FOK UNG, mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan yang lebih besar di dunia olahraga. Tes keterampilan ini menunjukkan komitmen FOK UNG dalam mencari dan membina talenta-talenta muda di bidang olahraga. Dengan seleksi yang ketat dan penilaian yang komprehensif, FOK UNG berharap dapat mencetak generasi baru atlet dan tenaga profesional yang tidak hanya berprestasi di tingkat nasional tetapi juga mampu bersaing di kancah internasional. Ajang seleksi ini juga menjadi bukti nyata bahwa meskipun dihadapkan dengan berbagai tantangan, semangat untuk mengembangkan potensi dan meraih mimpi tidak pernah padam.
Agenda:
Pembukaan (5 menit)
Sambutan oleh moderator atau dosen pembimbing.
Penjelasan tujuan seminar dan tata tertib.
Presentasi Proposal (15 menit)
Mahasiswa mempresentasikan:
Latar belakang penelitian.
Rumusan masalah dan tujuan.
Tinjauan pustaka.
Metodologi penelitian.
Sesi Tanya Jawab (30 menit)
Tanggapan dan pertanyaan dari dosen penguji.
Diskusi dengan mahasiswa untuk klarifikasi atau masukan.
Evaluasi dan Rekomendasi (15 menit)
Dosen penguji memberikan masukan akhir dan evaluasi.
Keputusan kelayakan proposal (disetujui/tidak disetujui).
Penutup (5 menit)
Moderator menutup sesi dan menyampaikan ucapan terima kasih.
CALL FOR PAPER
Jambura Sports Coaching Academic Journal (JSCAJ) e-ISSN : 2987-4408
p-ISSN : 2988-0165
Untuk informasi lebih lanjut :
https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jscaj/index
Kontak:
085936133889 (Kadek)
Kegiatan ini Melibatkan mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga dalam Half Maraton Gorontalo tahun 2024 dapat memberikan pengalaman berharga bagi mereka dalam mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka pelajari selama studi mereka. Selain itu, partisipasi mereka juga dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi orang lain untuk hidup sehat dan aktif.
Mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga menjadi bagian kegiatan ini, pastikan anda untuk terus mengikuti informasi terkait pendaftaran, rute perlombaan, dan persyaratan lainnya yang mungkin diperlukan. Semoga acara tersebut sukses dan memberikan pengalaman yang berharga bagi semua peserta.
Program Jumat Prestasi Mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga memiliki beberapa manfaat bagi mahasiswa dan institusi pendidikan olahraga, antara lain:
1. Meningkatkan motivasi belajar: Program ini memberikan apresiasi dan pengakuan atas prestasi yang diraih oleh mahasiswa, sehingga dapat menjadi motivasi tambahan bagi mereka untuk terus berprestasi dan meningkatkan kualitas diri.
2. Mendorong kompetisi sehat: Dengan adanya penghargaan dan acara pemberian prestasi, mahasiswa akan merasa terdorong untuk bersaing secara sehat dalam bidang akademik maupun non-akademik, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang kompetitif.
3. Membangun kepercayaan diri: Melalui pengakuan atas prestasi yang diraih, mahasiswa akan merasa dihargai dan percaya diri dalam kemampuan dan potensi yang dimilikinya, sehingga dapat memotivasi mereka untuk terus berkembang.
4. Memperkuat hubungan antar mahasiswa dan dosen: Program ini juga dapat menjadi momentum untuk memperkuat hubungan antara mahasiswa dan dosen, karena dosen sebagai pembimbing dan penilai akan memberikan penghargaan atas prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa.
5. Peningkatan citra institusi: Dengan adanya program penghargaan prestasi mahasiswa, institusi pendidikan olahraga juga akan semakin dikenal sebagai tempat yang mendorong pengembangan bakat dan prestasi mahasiswa di bidang olahraga.
Dengan demikian, program Jumat Prestasi Mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga memiliki dampak positif dalam meningkatkan motivasi, kompetisi sehat, kepercayaan diri, hubungan antar mahasiswa dan dosen, serta citra institusi pendidikan olahraga secara keseluruhan.