Dosen Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) baru-baru ini ikut serta dalam Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Infrastuktur yang berlangsung di desa-desa sekitar Gorontalo. Program ini merupakan bagian dari upaya UNG untuk memperluas dampak sosial dan kontribusi akademik melalui kegiatan yang langsung menyentuh kebutuhan masyarakat.
Kegiatan KKN Tematik Infrastuktur ini dipimpin oleh Edy Dharma Putra Duhe, S.Pd., M.Pd, yang berperan sebagai ketua tim. Edy Dharma Putra Duhe dikenal luas di kalangan akademisi dan praktisi pendidikan sebagai sosok yang berkomitmen pada pengembangan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan berbasis pengabdian. Dalam perannya sebagai ketua, Edy bertanggung jawab atas perencanaan, koordinasi, serta implementasi berbagai kegiatan dalam program KKN ini.
Anggota tim yang turut berpartisipasi dalam program ini adalah Dr. I Kadek Suardika, M.Pd., yang memiliki latar belakang pendidikan yang kuat dalam bidang pendidikan dan pengembangan masyarakat. Dr. Kadek Suardika membawa keahlian serta pengalaman dalam merancang dan melaksanakan kegiatan yang dapat memberikan manfaat maksimal kepada masyarakat. Selain itu, tim juga diisi oleh saya sendiri sebagai salah satu dosen PKO yang berkomitmen untuk mendukung keberhasilan program ini. Pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki di bidang pendidikan kepelatihan olahraga turut menyumbang dalam upaya membangun infrastruktur yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat.
Pak Sunardi, anggota tim lainnya, juga turut serta dalam program ini. Pak Sunardi merupakan sosok yang berpengalaman dalam bidangnya dan memiliki dedikasi tinggi dalam setiap tugas yang diemban. Kontribusinya sangat berharga dalam pelaksanaan program ini, terutama dalam hal pelaksanaan kegiatan lapangan dan berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat.
Program KKN Tematik Infrastuktur ini bertujuan untuk memperbaiki dan membangun berbagai infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat desa, seperti jalan, fasilitas olahraga, serta sarana pendidikan. Melalui program ini, tim dosen PKO UNG berharap dapat memberikan dampak positif yang signifikan, baik dalam hal peningkatan kualitas infrastruktur maupun dalam pengembangan kapasitas masyarakat.
Selama pelaksanaan KKN, tim dosen PKO bekerja sama dengan masyarakat setempat untuk mengidentifikasi kebutuhan prioritas dan merancang solusi yang sesuai. Melalui pendekatan partisipatif, tim berupaya memastikan bahwa setiap langkah yang diambil benar-benar sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat. Kegiatan ini juga melibatkan pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat dalam hal pengelolaan dan pemeliharaan infrastruktur, agar hasil dari program KKN ini dapat memberikan manfaat jangka panjang.
Partisipasi dosen PKO UNG dalam program KKN Tematik Infrastuktur ini menunjukkan komitmen tinggi terhadap pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan kualitas pendidikan melalui kegiatan nyata di lapangan. Dengan adanya program ini, diharapkan akan terjalin hubungan yang lebih erat antara dunia akademik dan masyarakat, serta memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah dan peningkatan kualitas hidup masyarakat.
Secara keseluruhan, program KKN Tematik Infrastuktur ini merupakan langkah positif dalam mengintegrasikan pengetahuan akademik dengan kebutuhan praktis di masyarakat. Tim dosen PKO UNG yang terlibat dalam program ini telah menunjukkan dedikasi dan kerja keras yang patut diapresiasi, dan diharapkan kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi program-program KKN selanjutnya yang lebih inovatif dan bermanfaat.
Agenda:
Pembukaan (5 menit)
Sambutan oleh moderator atau dosen pembimbing.
Penjelasan tujuan seminar dan tata tertib.
Presentasi Proposal (15 menit)
Mahasiswa mempresentasikan:
Latar belakang penelitian.
Rumusan masalah dan tujuan.
Tinjauan pustaka.
Metodologi penelitian.
Sesi Tanya Jawab (30 menit)
Tanggapan dan pertanyaan dari dosen penguji.
Diskusi dengan mahasiswa untuk klarifikasi atau masukan.
Evaluasi dan Rekomendasi (15 menit)
Dosen penguji memberikan masukan akhir dan evaluasi.
Keputusan kelayakan proposal (disetujui/tidak disetujui).
Penutup (5 menit)
Moderator menutup sesi dan menyampaikan ucapan terima kasih.
CALL FOR PAPER
Jambura Sports Coaching Academic Journal (JSCAJ) e-ISSN : 2987-4408
p-ISSN : 2988-0165
Untuk informasi lebih lanjut :
https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jscaj/index
Kontak:
085936133889 (Kadek)
Kegiatan ini Melibatkan mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga dalam Half Maraton Gorontalo tahun 2024 dapat memberikan pengalaman berharga bagi mereka dalam mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka pelajari selama studi mereka. Selain itu, partisipasi mereka juga dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi orang lain untuk hidup sehat dan aktif.
Mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga menjadi bagian kegiatan ini, pastikan anda untuk terus mengikuti informasi terkait pendaftaran, rute perlombaan, dan persyaratan lainnya yang mungkin diperlukan. Semoga acara tersebut sukses dan memberikan pengalaman yang berharga bagi semua peserta.
Program Jumat Prestasi Mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga memiliki beberapa manfaat bagi mahasiswa dan institusi pendidikan olahraga, antara lain:
1. Meningkatkan motivasi belajar: Program ini memberikan apresiasi dan pengakuan atas prestasi yang diraih oleh mahasiswa, sehingga dapat menjadi motivasi tambahan bagi mereka untuk terus berprestasi dan meningkatkan kualitas diri.
2. Mendorong kompetisi sehat: Dengan adanya penghargaan dan acara pemberian prestasi, mahasiswa akan merasa terdorong untuk bersaing secara sehat dalam bidang akademik maupun non-akademik, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang kompetitif.
3. Membangun kepercayaan diri: Melalui pengakuan atas prestasi yang diraih, mahasiswa akan merasa dihargai dan percaya diri dalam kemampuan dan potensi yang dimilikinya, sehingga dapat memotivasi mereka untuk terus berkembang.
4. Memperkuat hubungan antar mahasiswa dan dosen: Program ini juga dapat menjadi momentum untuk memperkuat hubungan antara mahasiswa dan dosen, karena dosen sebagai pembimbing dan penilai akan memberikan penghargaan atas prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa.
5. Peningkatan citra institusi: Dengan adanya program penghargaan prestasi mahasiswa, institusi pendidikan olahraga juga akan semakin dikenal sebagai tempat yang mendorong pengembangan bakat dan prestasi mahasiswa di bidang olahraga.
Dengan demikian, program Jumat Prestasi Mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga memiliki dampak positif dalam meningkatkan motivasi, kompetisi sehat, kepercayaan diri, hubungan antar mahasiswa dan dosen, serta citra institusi pendidikan olahraga secara keseluruhan.