PERTEMUAN ILMIAH ASOSIASI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA INDONESIA (APPKOI)

Oleh: Resa Sukardi Massa . 21 Maret 2022 . 11:47:34

PKO-UNG menghadiri pertemuan Asosiasi Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Indonesia (APPKOI) di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Malang. Dalam kegiatan ini utusan PKO-UNG yaitu Kaprodi PKO Bapak Syarif  Hidayat, M.Or dan Sekretaris Prodi Bapak Suprianto Kadir, M.Pd.

Kegiatan ini menghadirkan kurang lebih 21 Ketua Program Studi (Kaprodi) PKO di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia yang tergabung dalam asosiasi tersebut. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari pada 16-18 Maret 2022 ini memiliki tujuan untuk melaksanakan workshop Kurikulum Nasional (Kurnas) MBKM Prodi PKO. Penyusunan Program APPKOI, Sinkronisasi Program Forum Kaprodi se-Indonesia serta launching website APPKOI.

Ketua pelaksana sekaligus Kaprodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) UM Drs Supriatna MPd menyampaikan “MBKM itu memiliki banyak segmen. Termasuk pertukaran mahasiswa. Akan tetapi, program MBKM tidak akan bisa terlaksana kalau tidak ada penyamaan kurnas, ada kesulitan,” dilanjutkanya juga “Minimal, ada kesamaan. Meski tidak semua sama. Karena dalam kurikukulm itu ada muatan universitas, fakultas serta jurusan yang memiliki ciri khasnya masing-masing,” jelasnya.

Koordinasi antar prodi terkait penyamaan kurnas MBKM di seluruh perguruan tinggi khususnya pada Prodi PKO ini perlu dikuatkan. Seringkali setiap prodi cenderung menonjolkan ciri khasnya masing-masing. Kegiatan ini mendorong agar seluruh prodi PKO di masing-masing perguruan tinggi dapat bersama-sama merumuskan penyelarasan kurnas MBKM. Sehingga lebih memudahkan mahasiswa dalam belajar.

Suprianto Kadir, M.Pd selaku sekretaris Prodi PKO-UNG mengatakan “kurikulum yang standart secara nasional maka ada harapan setiap semester itu ada kesamaan. Setidaknya 50 persen, sehingga membantu mahasiswa yang ingin ikut program MBKM antar prodi di lintas perguruan tinggi. Hakikatnya tujuan kegiatan MBKM bertujuannya memberikan kebebasan belajar mahasiswa secara mandiri dan terarah” ujarnya.

Dalam mempermudah pelaksanaan akreditasi nasional maupun internasional para anggotanya, Asosiasi Prodi PKO se-Indonesia (APPKOI) memberikan wadah untuk bisa diakses dengan meluncurkan website. Selain kurnas, karya ilmiah dan jurnal juga bisa diakses. Sehingga kalau ada pihak luar ingin tahu isi dan kegiatan asosiasi, bisa melihat di website. 

Kegiatan terakhir yang dilakukan adalah penandatanganan Implementation of Agreement (IA) antara Prodi PKO se-Indonesia sebagai dasar pengembangan kerja sama di bidang lain ke depannya. Harapannya, interaksi dan kerja sama akan terus terbangun antara Prodi anggota Asosiasi untuk saling bersinergi mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi (syarif).

Agenda

28 September 2020

KULIAH UMUM

Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo Akan menyelenggarakan Kuliah Umum dengan mengundang dua pemateri, pemateri pertama yaitu Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes, AIFO yang memberikan materi dengan bertemakan "menumbuhkan Jiwa entrepreneurship bagi Mahasiswa" dan Pemateri kedua Prof. Dr. Hariadi said, M.S yang membawakan materi "Kiat Sukses Menjadi Mahasiswa".

17 - 27 Agustus 2020

Pendaftaran Mahasiswa Baru

Selamat Datang di Pendaftaran Online UNG
Informasi Awal ini menyajikan ketentuan umum seleksi lokal, termasuk kelompok Program Studi baik Kelompok IPA maupun IPS Univesitas Negeri Gorontalo. Informasi awal ini diterbitkan untuk dipergunakan dan dicermati secara seksama oleh calon peserta yang akan mengikuti seleksi Lokal - Mandiri, sehingga calon peserta dapat mempersiapkan diri dalam memilih Program Studi yang dikehendaki dan dapat menjadi panduan awal untuk mengikuti proses seleksi dengan baik.

6 - 8 Agustus 2020

Workshop Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar - Kampus Merdeka

Kurikulum Merdeka Belajar adalah program belajar yang mengarah pada tujuan yang ingin dicapai dari proses belajar di Kampus dan berkaitan dengan hal-hal esensial sehingga menumbuhkan kemerdekaan belajar.

23 - 24 Juni 2020

Kuliah Pakar Online

Civitas Akademika, dalam waktu dekat ini Prodi PKO akan mengadakan Kuliah Umum Online dengan Topik “Latihan dimasa Pendemi Covid-19”. Narasumber adalah Dr. Imam Marsudi, M.Si (Ketua APPKOI)
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Rabu, 23 Juni 2020 pukul 10.00 Wita, melalui Zoom